Sunday, December 5, 2010

Proteksi Tanaman dari hama Penyakit

Hama dan penyakit tanaman akan sangat menggangu dan bisa merugikan terhadap tanaman itu sendiri. Penyakit dan hama tanaman bisa timbula akibat dari kondisi cuaca dan lingkungan yang kurang baik, misalnya kelembaban terlalu tinggi kurangnya sinar matahari dan lingkungannya yang kotor. Sehingga bisa menimbulkan berbagai hama dan penyakit pada tanaman.

Tanaman yang kena hama penyakit akan memberikan tanda seperti bercak hitam, bercak putih di sebagian daun tanaman bahkan ada yang berlubang sebagian daunnya. Selain tanda tanda diatas ada juga daunnya yang pada ujungnya mengering bahkan sampai robek yang diakibatkan dimakan oleh hama semacam ulat, dan jika sudah seperti itu keadaanya maka harus segera diambil tindakan agar hama penyakit tanaman tidak menyebar ke daun- ata tanaman lain.

Untuk memberantas hama dan penyakit pada tanaman ada dua cara yang bisa di lakukan. Yang pertama bisa dilakukan dengan membuang daun atau tanaman yang terkena hama satu persatu apad tanaman yang ada hama/ulatnya. kemudian yang kedua bisa dengan menggunakan kimia seperti pestisida, pungisida dan insektisida, namun jika memakai obat-obatan yang mamakai bahan kimia perlu memperhatikan  arah angin ketika melaksanakannya karena akan berbahaya jika terhirup oleh napas.

No comments:

Post a Comment