Thursday, December 2, 2010

Cara Merawat Rumput Taman

Rumput merupakan elemen penting dalam suatu taman, sebagai penutup tanah yang akan menjadikan hamparan nan hijau. Untuk mendapatkan rumput taman yang hijau diperlukan yang intensif agar rumput itu bisa dilihat asri dan tetap dalam keadaan hijau dan sehat, yang bersih dari gangguan rumput liar, seperti gulma dan hama lain.

Ada beberapa  langkah agar rumput itu tetap asri dan sehat diantaranya:
  1. Pemangkasan rumput. Pangkas rumput diperlukan untuk menjaga ketinggian rumput agar tetap adalam keadaan pendek namun tetap hijau. Pemotongan bisa diperkirakan antara 7 s/d 10 mm, dan bisa menurangi tingkat penguapan air dari tanah. Untuk menjaga rumput agar tetap pendek diperlukan pemangkasan setiap dua minggu dengan menggunakan mesin pangkas atau dengan gunting, bisa disesuaikan dengan keadaan halaman taman. Agar menghasilkan potongan yang baik diharuskan memakai pisau potong atau gunting yang tajam agar rumput yang dipotong tidak rusak, sehingga menghasilkan pemotongan yang sempurna. Dan setelah melakukan pemotongan segera disapu jangan sampai ada sisa rumput potongan yang tersisa karena akan mengakibatkan pembusukan sehingga merusak rumput.
  2.  Penyiraman. Karena rumput tidak akan hidup tanpa air maka diperlukan penyiraman secara teratur dengan menggunakan splingklers atau nosel yang bisa diatur pengeluaran air yang keluar. Untuk penyiraman di musim hujan cukup dilakukan seminggu sekali, dan jika pada musim panas diperlukan minimum dua kali sehari, agar rumput tetap hijau.
  3. Pemupukan. Untuk pemupukan rumput agar tetap hijau sepanjang hari bisa dilakukan setelah pemotongan rumput, karena akan lebih efektip pemupukan ketika rumput mulai bersemi kembali dan rumput sangat memerlukan unsur N ketika baru dipotong, maka diperlukan pupuk unsur N, jadi gunanya pemupukan adalah untuk mengganti unsur yang hilang ketika rumput telah di potong. Untuk pemupukan agar tetap hijau dilakukan setiap bulan dengan menggunakan Pupuk Urea, dan untuk mengganti unsur yang hilang bisa dilakukan minimal satu tahun dua kali dengan menggunakan unsur NPK, yaitu dilakukan sebelum musim panas dan sebelum musim hujan.
  4. Pembersihan Rumput, Rumput harus tetap bersih dari sampah, terutama dari daun- daun kering yang jatuh dari pohon lain, bersihkan rumput dari sampah daun kering itu agar rumput tetap asri dan indah.
  5. Bebaskan rumput Utama dari rumput liar, agar rumput utama tetap indah hijau dan asri diperlukan pencabutan rumpyut liar yang selalu ada dalam rumput, dengan cara mencabut rumut liarnya bisa dengan alat obeng atau kape, cabut rum[ut liar keakar-akarnya aga tidak cepat tumbuh, untuk mengendalikan rumput liar diperlukan secara rutin kalau perlu ketika melihat rumput kemudian ada rumput liar/gulmanya segera cabut agar tidak cepat menyebar, ini bik dilakukan ketimbang harus menunggu banyak yang akan mengakibatkan rumput jadi botak dan akan memakan waktu lama dalm membersihkannya, untuk itu segera lakukan penvcabutan rumput liar/gulma itu dengan segera. Dengan demikian rumput akan tetap hijau dan asri.

1 comment: